Gaji PNS Jika Tanggal 1 Hari Libur

Pengertian Gaji PNS dan Hari Libur

Gaji PNS atau Pegawai Negeri Sipil adalah gaji yang diberikan oleh pemerintah kepada pegawai negeri yang sudah diangkat secara resmi. Sedangkan, hari libur adalah hari dimana pegawai tidak harus masuk kerja di kantor, karena terdapat kebijakan dari pemerintah seperti hari raya nasional, hari libur nasional, dan hari penting lainnya.

Pns Dan Hari LiburSource: bing.com

Gaji PNS Jika Tanggal 1 Hari Libur

Bagi para PNS, gaji dibayarkan setiap bulan dengan jadwal pembayaran tidak sama antara satu instansi dengan instansi yang lain. Namun, ketika tanggal 1 jatuh pada hari libur, maka apakah gaji akan tetap dibayarkan atau tidak? Jawabannya adalah iya, gaji tetap dibayarkan meskipun tanggal 1 jatuh pada hari libur.

Gaji Pns Jika Tanggal 1 Hari LiburSource: bing.com

Dasar Hukum Gaji PNS Jika Tanggal 1 Hari Libur

Dasar hukum mengenai pembayaran gaji PNS jika tanggal 1 jatuh pada hari libur tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2021 pasal 58 ayat 1 yakni, “Pembayaran gaji/ pensiun/ tunjangan lainnya yang jatuh pada hari libur nasional dan cuti bersama dibayarkan pada hari kerja sebelumnya atau pada hari kerja sesudahnya.”

Dasar Hukum Gaji Pns Jika Tanggal 1 Hari LiburSource: bing.com

Penyelesaian Gaji PNS Jika Tanggal 1 Hari Libur

Penyelesaian gaji PNS jika tanggal 1 jatuh pada hari libur biasanya dilakukan pada hari kerja sebelumnya atau pada hari kerja sesudahnya, tergantung kebijakan instansi masing-masing. Hal ini dilakukan agar para PNS dapat menerima gaji tepat waktu, meskipun tanggal 1 jatuh pada hari libur.

Penyelesaian Gaji Pns Jika Tanggal 1 Hari LiburSource: bing.com

Perlindungan Hukum Gaji PNS Jika Tanggal 1 Hari Libur

Terdapat perlindungan hukum bagi para PNS jika gaji tidak dibayarkan tepat waktu. Hal ini tertuang dalam Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 pasal 21 yang berisi bahwa “Pemberi kerja wajib membayar uang penghasilan paling lambat 1 bulan sekali dan dinyatakan dalam bentuk uang yang dapat dipergunakan langsung oleh pekerja/buruh.”

  Gaji PNS Guru 2024 : Persyaratan, Besaran, dan Mekanisme Pencairan

Perlindungan Hukum Gaji Pns Jika Tanggal 1 Hari LiburSource: bing.com

Kesimpulan

Bagi para PNS, gaji tetap dibayarkan meskipun tanggal 1 jatuh pada hari libur. Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2021 pasal 58 ayat 1. Penyelesaian gaji PNS jika tanggal 1 jatuh pada hari libur biasanya dilakukan pada hari kerja sebelumnya atau pada hari kerja sesudahnya, tergantung kebijakan instansi masing-masing. Selain itu, terdapat perlindungan hukum bagi para PNS jika gaji tidak dibayarkan tepat waktu. Hal ini tertuang dalam Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 pasal 21.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Teknik Informatika yang berkecimpung di dunia internet sejak 2019 sebagai part-time blogger dan internet marketer.